4 Komoditas Yang Paling Banyak Tidak Bayar Cukai dan Pajak

Selain ekstensifikasi cukai, untuk memberikan kepastian hukum kepada pelaku usaha Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) terus menindak barang-barang yang masuk atau beredar secara ilegal.

Berdasar pada data DJBC, dari Januari sampai pertengahan Septermber lantas jumlah penindakan pada beberapa barang ilegal menjangkau 14. 059. Komoditas paling banyak ditindak yaitu hasil tembakau yaitu sejumlah 2. 750 kali, lalu kosmetik, obat serta bahan kimia sejumlah 2. 574 kali, dan tekstil serta product tekstil sejumlah 1. 049 kali penindakan.

Terkecuali tiga komoditas itu, jumlah penindakan pada minuman memiliki kandungan etil alkohol dalam periode yang sama menjangkau 756 masalah. Nilai barang dari hasil penindakan itu mencapapai Rp52 miliar. Jika diliat dari trend setiap tahunnya spesial MMEA, MMEA ilegal yang berhasil ditindak oleh otoritas kepabeanan senantiasa bertambah pada 2014 jumlah penindakan MMEA sejumlah 630 kali, th. 2015 sejumlah 967 kali, serta melesat sejumlah 1. 348 kali pada 2016.

Mengenai, 18 September tempo hari, Ditjen Bea serta Cukai melaunching tangkapan mereka berbentuk lima container yang diisi miuman etil mengandung alkohol. Kontainer-kontainer itu diisi 53. 927 botol minuman keras ilegal yang nilainya menjangkau Rp26, 3 miliar. Nilai kerugian negara yang berhasil diselematkan menjangkau Rp58 miliar.

Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi pada Usaha baru saja ini menyebutkan aktivitas penindakan adalah satu diantara treatment yang didapatkan pada beberapa aktor usaha. Aktor usaha, termasuk juga importir yang sudah taat dari bagian kepabeanan serta perpajakan juga akan dilindungi. Sedang entrepreneur yang berisiko tinggi pasti juga akan memperoleh konsekwensi sesuai sama ketetapan yang berlaku.

“Artinya aktor usaha yang telah menangggung cukai serta pajak kami mesti dapat memberi perlindungan pada mereka dari beberapa barang yang ilegal barusan, ” tuturnya.

Penindakan, kata dia, adalah langkah untuk mengatur peredaran ilegal. Bahkan juga berdasar pada data stastistik otoritas cukai serta kepabeanan itu, tiap-tiap th. jumlahnya selalu bertambah serta mulai beresiko pada peredaran barang ilegal tersebut. Sumber: siamplop.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *